Sunday, October 6, 2013

Duh...

Lebih dari dua bulan ini aku fokus mempelajari protokol XMPP. Bukan protokol ini saja sih, aku rasa banyak banget yang telah aku pelajari. Mulai dari berlembar-lembar RFC dan XEP protokol ini sampai buat module erlang pada ejabberd. Ditambah lagi, aku harus memperbaiki keahlianku dalam pemrograman android platform. Pertanyaannya adalah demi apa??

Hampir tiap malam aku kagak tidur, tapi nanti paginya baru aku tidur :p_. Mulai bulan puasa kemaren sampai sekarang, jam hidup itu mulai tidak normal. Yah ini mungkin juga karena aku mulai tidak ngantor lagi, jadinya seleksi alam milih waktu yang tepat untuk didepan laptop dan waktu yang tepat untuk istirahat. Pertanyaannya adalah demi apa??

Persis satu bulan sebelum puasa kemaren, aku kedapatan sebuah projek yang harusnya menyita semua waktuku. Harusnya aku fokus disini untuk bisa menyelesaikan, tapi ternyata tidak begitu. Dan terakhir pertanyaannya adalah demi apa??

Tahun ini merupakan tahun terakhir kesempatanku untuk menyelesaikan kuliah. Yah tinggal selangkah lagi lah bisa selesai, eh dua langkah deng, eh bukan tiga langkah kayaknya, aaarrgg terserahlah pokoknya tinggal skripsi ini aja yang harus aku perjuangkan. Tapi mahasiswa telat lulus kayak aku ini, memang semuanya serba sulit. Mau ke kampus tidak ada temen, mau ngurus ini itu tidak ada yang bisa dititipi, serba #hufft wes pokoknya. Teman-teman seangkatan yang belum selesai disini, mungkin tidak lebih dari jumlah keseluruhan jari normal manusia. Sekarang denger kabar adek angkatan akan wisuda aja, aku hanya bisa berkata "selamat yah, kawan" dengan mengheningkan cipta untuk sesaat. Yang pasti tinggal tugas akhir aja ini yang harus segera aku selesaikan.

Tugas akhir yang sedang aku kerjakan adalah mengenai messenger dalam lingkungan kampus. Teknologi yang digunakan sudah ada lebih dari sepuluh tahun ini yaitu XMPP protokol, tapi tetep saja protokol ini masih populer dalam pembuatan messenger. Aku tertarik dengan pembuatan messenger ini mungkin karena akan banyak manfaatnya jika memang jadi terimplementasikan pada lingkungan kampus. Messenger bisa jadi satu-satunya media komunikasi yang dapat dipakai bersama, mahasiswa, dosen, staf dan pejabat kampus. Problem-problem yang muncul karena kurangnya komunikasi mungkin saja dapat diselesaikan dengan implementasi aplikasi messenger ini. Yah aku harap begitu.

Aku sih baru pertama kali kerja dengan protokol ini. Aku juga pertama kali membuat messenger, eh kagak deng, aku pernah buat aplikasi chatting long polling yang tampilannya mirip facebook. Tapi aplikasi chatting ini tidak dapat diimplementasikan karena memang long polling tidak bisa diandalkan untuk urusan ini. Melihat beberapa aplikasi yang sukses memakai protokol XMPP ini, aku yakin bahwa protokol ini dapat diandalkan untuk komunikasi real-time messenger. Sampai artikel ini ditulis, aku sudah berhasil menggunakan external autentikasinya ejabberd. Autentikasi ini memungkinkan kita berbagi session antara ejabberd server dengan sistem diluar itu. Masih banyak sebenarnya yang harus aku kerjakan untuk menyelesaikannya, yah pasti bisalah, harus bisa. #AkuSemangato #Yosh

MenuGroup
ContactContact menu actionbar

Chat message



4 comments: